Instalasi Apache, PHP dan MySQL dengan XAMPP

Xampp merupakan paket PHP dan MySQL berbasis open source, yang dapat digunakan sebagai tool pembantu pengembangan aplikasi berbasis PHP. Setiap web server memiliki struktur direktori kerja (webroot atau document root) yang berbeda. Direktori ini difungsikan untuk menyimpan seluruh file aplikasi web, termasuk dokumen PHP. Dalam paket xampp yang di instal, tersedia sebuah folder kerja dengan nama htdocs. Untuk mengakses aplikasi web anda dengan mengetik alamat di browser http://localhost/nama-folder atau menggunakan nomor IP Address komputer anda, contoh: http://192.168.1.3/nama-folder.


Proses instalasi Apache, PHP dan MySQL seringkali menjadi kendala terutama bagi pemula yang baru belajar pemrograman web dengan PHP. Hal tersebut disebabkan karena software tersebut harus diinstall dan dikonfigurasikan satu per satu. Bagi belum mengerti benar, tentu sering mengalami kesulitan, apalagi bagi kita yang belajar secara mandiri. Namun jangan berkecil hati, saat ini banyak tersedia aplikasi paket yang menyatukan ketiga software tersebut (Apache, PHP dan MySQL) ke dalam satu installer. 




Proses instalasinya pun dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, hanya perlu next, next, and finish. Beberapa aplikasi paket tersebut antara lain:
1. XAMPP (versi Windows) dan LAMPP (versi Linux) yang dapat didownload di
2. WAMP Server.
3. APPServ.
4. PHPTriad.

Comments

Popular Posts